Tips mengatasi kombinasi warna cat rumah yang permukaannya berkerut

Cat yang berkerut dapat terjadi karena beberapa faktor seperti suhu dan ketebalan cat. Cat yang berkerut memang tidak indah untuk dilihat. Selain jelek, keturan pada cat lama-lama akan terkelupas sehingga warna cat menjadi tidak merata. Anda perlu berhati-hati dalam mengaplikasikan cat agar bisa menempel dengan baik di dinding. Apalagi jika Anda ingin menggunakan kombinasi warna, Anda akan membutuhkan lebih sari satu warna cat. Jika lapisan cat rumah Anda terlanjur berkerut, berikut ini adalah tips mengatasi kombinasi warna cat rumah yang permukaannya berkerut:

– Perhatikan ketebalan cat

Ketebalan adalah faktor yang paling penting untuk diperhatikan. Cat yang terlalu tebal membuat permukaan cat berkerut-kerut. Sebelum Anda mengaplikasikan cat ke dinding, encerkan dulu cat sesuai pentunjuk yang ada. Jangan dibuat terlalu encer juga karena nantinya akan retak. Biarkan cat ada pada ketebalan yang pas, jangan mengoleskan cat secara berulang-ulang agar tidak ketebalan.

– Jangan mengecat ketika suhu panas

Suhu panas bisa membuat pengerutan pada lapisan cat rumah. Terutama yang paling mudah membuat kerutan adalah sinar matahari. Tak heran jika kerutan sering terjadi pada bagian luar rumah yang diterpa langsung sinar matahari. Jangan lakukan pengecatan di siang hari yang panas, karena cat akan mudah mengering tapi sebenarnya belum menempel dengan benar.

– Hindar dari debu sebelum pengecatan ulang

Kondisi dinding sebelum dicat sebaiknya bebas dari debu dan minyak. Langsung lapisi dengan cat pada dinding yang sudah dibersihkan agar debut tidak menempel. Debu dan minyak membuat lapisan cat tidak bisa tahan menempel dengan lama. Akhirnya lapisan lama kelamaan akan mengerut. Maka hindarkan dinding dari debut sebelum melakukan pengecatan ulang.

– Amplas sampai bersih

Anda harus mengamplas lapisan cat yang berkerut tersebut sebelum melakukan mengecatan ulang. Sebaiknya diamplas, jangan dikeruk atau dikelupas. Amplas bisa membersihkan dengan lebih baik dan merata. Tetapi amplas juga menyebabkan muncul debu atau kapur sehingga Anda perlu membersihkannya dulu sebelum dicat. Jangan biarkan ada sisa cat berkerut yang tersisa karena akan membuat lapisan berikutnya semakin berkerut.

Kenapa bisa terjadi melelehnya lapisan kombinasi warna cat rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *