Tes Interview, Psikomotorik dan Medical Examination sekolah pilot

Untuk masuk sekolah pilot, ada berbagai macam tes yang perlu dilakukan. Satu saja dari tes tersebut tidak mendapat hasil baik, maka peserta tidak akan diterima di sekolah pilot. Tes yang dilakukan juga disesuaikan dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk profesi pilot. Penjelasan tentang tes Interview, Psikomotorik dan Medical Examination sekolah pilot adalah sebagai berikut:

  1. Medical Examination

Tes ini adalah yang paling sulit untuk disiasati, karen tergantung dari pola hidup sehat. Ada beberapa hal yang akan di tes, yaitu tes darah, tes urin, tes mata, gigi, pendengaran, tes jantung, tes fisik, tes rontgen, hingga tes EEG atau Elektro Ensefalografi. EEG adalah tes yang dilakukan untuk melihat apakah ada kelainan otak atau kejiwaan. Tes ini adalah yang paling sulit karena membutuhkan konsentrasi agar tidak diulang-ulang lagi. Keseluruhan tes harus lulus untuk bisa lulus juga dari medical examination. Satu-satunya cara mengatasinya adalah memulai hidup yang sehat dan menghindari penggunaan rokok, obat-obatan terlarang, dan minuman beralkohol terlalu banyak.

  1. Tes Psikomotorik

Tes psikomotorik terdiri dari dua macam yaitu simulator dan tes daya bayang ruang. Tes simulator mengharuskan koordinasi panca indera yang baik. Terutama pada cepat tanggapnya mata, tangan, dan pendengaran. Seluruh panca indera harus bisa dikoordinasikan dengan baik agar bisa lolos tes ini. Selanjutnya ada tes daya bayang atau tes imajinasi dengan suatu barang dan ruang. Tes ini membutuhkan konsentrasi tinggi agar bisa mendapatkan bayang yang sesuai dan tepat letaknya. Biasanya peserta tes akan disuruh membayangkan suatu benda atau titik dalam suatu ruangan kemudian benda tersebut dipindahkan beberapa kali dan peserta harus menebak dimana letak benda tersebut. Semuanya hanya ada dalam imajinasi peserta saja dan tidak benar-benar diperlihatkan wujudnya.

  1. Interview

Tes terakhir adalah wawancara, dimana peserta tes yang lolos di tes sebelumnya akan diwawancara. Ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan, ketepatan menjawab dan cara menjawab hingga sikap akan dinilai. Pada tahap inilah peserta diberi kesempatan untuk meyakinkan pewawancara untuk harus menerimanya di sekolah penerbangan

Apa saja perbedaan BIFA dengan STPI dan API?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *